Tentang Kami

Sejak tanun 2018 Direktorat Air Minum, Direktorat Jenedal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengambangkan aplikasi SIMSPAM. Aplikasi SIMSPAM ini bertujuan untuk mengupdate data profil sistem SPAM yang terbangun baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan. Dalam perjalanan penggunaan aplikasi SIMSPAM ini, data-data yang terkumpul masih berfokus kepada data SPAM Perkotaan atau unit pelayanan PDAM. Selain belum dapat mengakomodir kebutuhan akan data profil sistem SPAM di Indonesia, aplikasi SIMSPAM pun belum dapat menghasilkan data profil air minum di Indonesia yang diharapkan ketika itu.

Pada tahun 2021 dilakukan peningkatan aplikasi SIMSPAM untuk memfasilitasi tujuan yang lebih luas dalam rangka penyediaan informasi program yang dapat memenuhi berbagai pihak yang berkepentingan dan dapat menyediakan informasi profil pembangunan air minum di Indonesia. Selain itu pada SIMSPAM yang ditingkatkan ini juga mengakomodir data-data SIM SPAM Perdesaan dimana selama tahun 2008 sampai dengan tahun 2021 telah direkam datanya melalui Program PAMSIMAS.

Harapannya, aplikasi yang dikembangkan ini dapat mengintegrasikan berbagai data kegiatan pembangunan SPAM yang terdapat di lingkungan Direktorat Air Minum DJCK PUPR, dan menyediakan informasi profil pembangunan air minum di Indonesia.